6 Kerusakan Sistim Warna Secara umum

Masalah kerusakan warna pada tv tabung crt

Hallow!,juragan kali ini soldiradem blog membahas tentang beberapa kerusakan yang terjadi pada sistim warna TV tabung. Ulasan ini merupakan rangkuman yang saya alami beberapa bulan belakangan. Entah kebetulan atau tidak,  memang belakangan ini saya menangani beberapa kasus mengenai warna bermasalah terutama TV Cina memang  mendominasi di meja kerja saya. Sedikit  memang TV bermerek ternama tapi usianya memang sangat tua. Jadi jika anda menemukan kasus pada warna maka bisa Jadi kasus anda sama persis yang saya alami belakangan ini. Berikut ini mungkin bisa di baca beberapa faktor yang mempengaruhi rusaknya pada blog warna pada TV tabung.

1. Soldiran Pada Sistim Warna ada yang Retak

Kasus pertama di mulai dengan permasalahan yang sebenarnya cukup sepele yaitu retaknya Solderan pada kaki komponen di bagian blog pemproses warna. Satu hal yang sering terjadi pada retaknya Solderan biasanya di pengaruhi oleh faktor  kualitas Solderan dan pengaruh panas. Kualitas solderan banyak terjadi pada mesin TV jenis produk cina, yang memang kualitas solderanya memang sangat rendah. Fakta menunjukan beberapa ciri pada kualitas timah yang digunakan, dengan mudah kita akan bisa melihat kualitas suatu timah apa bila di solder akan terlihat mengkilap, tapi beberapa TV yang ada di pasaran kualitas timahnya rendah karena begitu kita lihat nampak buram dan ini yang terkadang mudah retak di pengaruhi usia dan panas.

Fakta juga menunjukan wahwa retaknya suatu Solderan ini di pengaruhi oleh panas. Hal ini sering terjadi pada blog RGB yang terletak di FCB menempel di katoda tabung, yang mana kita tahu bahwa kerja tabung di area belakang memang panas. Dan ini bisa mempengaruhi soderan yang ada di area tersebut. Di area IC croma juga sering terjadi keretakan mungkin ini juga muski menjadi perhatian karena kadang Solderan di area ini sering menipu, jika  hanya di lihat sekilas dan tidak teliti. Kabel RGB juga sering putus.

2. Transistor Penguat Warna

Transistor ini terletak di FCB menempel di area belakang tabung. Ciri pada kerusakan Transistor penguat Warna di tandai dengan adanya salah Satu warna yang hilang atau 2 warna dominan.
Solusi kerusakan ini adalah mengganti Transistor yang bermasalah. Kita wajib tahu percampuran warna di antara merah, hijau,dan biru jika salah satu  ada yang rusak sehingga memudahkan kita untuk langsung mengganti Transistor mana yang rusak dari pada memeriksa Satu persatu tentu akan berpotensi bertambahnya kerusakan misalkaan Transistor kepanasan saat di copot dan di solder kembali dan rusaknya jalur circuit.

Perlu perhatikan kusus ini pernah saya alami yaitu Tr yang eror. Pada awalnya gejala warna berubah ubah kadang normal kadang tidak. Saya teringat waktu itu yang dominan adalah warna biru tapi terkadang normal sendiri. Saya mengira ini adalah masalah pada Solderan ternyata tidak demikian. saya cek TR pun normal-normal saja.  Sempat bingung tapi saya mencoba untuk mengganti tr pada bagian penguat biru tersebut. Dan hasilnya tidak berubah ubah lagi. Ini bisa menjadi pelajaran khusus bahwa Tr jika di ukur menggunakan ohm meter memang normal tapi setelah terkena tegangan pada circuit kadang bisa berubah. Hal ini di sebabkan kualitas Transistor sudah lemah dan terjadilah eror.

3. Resitor Pembatas Short

Resistor pembatas bertugas sebagai pengartur besarnya arus yang akan bekerja pada siste , sehingga apa bila di area blog warna terdapat resistor yang bermasalah maka akan menimbulkan gejolak pada salah satu warna dari merah, hijau dan biru. Resistor pembatas yang sering putus atau bisa juga melar adalah R yang berhubungan langsung dengan tegangan 180 volt, yaitu persis sebagai Resistor pembatas yang terletak di FCB menempel di tabung.

4.Soket Tabung Berkarat

Permasalahan ini relatif terjadi pada TV yang berusia tua atau bisa juga di sebabkan TV jarang dipakai, ini akan menyebabkan soket berkarat.
Kasus ditandai dengan warna pada layar tidak jelas, salah satu warna hilang, warna kadang hilang.

5.180 VOLT Drop

Tegangan bermasalah pada penyuplai katode ini di tandai dengan gambar gelap. Jika ini terjadi pada umumnya di sebabkan karena beberapa sebab yang berhubungan dengan tegangan180volt , misal flyback, dioda,kabel penghubung solderan.

6. IC Croma

Ic croma bisa jadi menjadi bilang dari masalah warna. Mengecek output Ic croma bisa menjadi langkah awal dan akhir sehingga tidak menjadikan Ic sebagai masalah utama sebelum menginjak permasalahan angka 1 - sampai 5 .

Pada kebanyakan kasus yang saya sebutkan di atas merupakan kerusakan yang bersifat universal, sehingga kita harus lebih jeli lagi dalam mengecek kesahatan komponen dan tegangan pada sistim warna.

Saya hanya bisa menyampaikan beberapa info di atas sebagai refrensi mengatasi Permasalahan pada blog warna televisi tabung. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Kerusakan Sistim Warna Secara umum"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel