5 komponen Pendukung Tabung CRT yang Wajib Anda Ketahui


SOLDIRADEM BLOG - Berikut ini saya tuliskan untuk Anda lima komponen yang mendukung bekerjanya sebuah CRT. Karena pada dasarnya CRT tanpa ada komponen pendukungnya maka tidak dapat menampilkan gambar secara utuh, malah hanya ada satu titik putih di tengah layar. Untuk itu berikut ini merupakan komponen yang sangat penting dalam menghasilkan gambar. 
 
1.Devleksi Yoke (kumparan pembelok)
Yoke Defleksi terdiri dari dua kumparan yaitu kumparan defleksi vertikal dan kumparan defleksi horizontal. Sebagai inti magnitnya digunakan dari bahan farrit yang sifat magnetisasinya kuat (bukan nagnit permanen ). Kedua defleksi tersebut masing-masing mendapatkan umpan berupa gelombang gigi gergaji tersebut maka di sekeliling kumparan akan timbul medan magnit pemanen. Dengan medan magnet tersebut, maka berkas elektron yang di pancarkan menuju ke anoda tabung gambar, berpender ke arah vertikal dan kearah horizontal,sehingga dengan demikian berkas elektron akan membentuk titik-titik fospor  secara menyeluruh  pada pemukaan dalam tabung gambar. Itulah yang di sebut raster.
Defleksi yoke

2. Magnit Purity ( magnet kemurnian warna )
Magnet purity ini berupa cincin/ring magnet statis (permanen) yang ditempatkan berdampingan dengan magnit konvergensi statis yang di pasang pada leher tabung sesudah yoke defleksi. Fungsi dari magnit purity ini adalah untuk mengatur ketepatan penembak elektron agar tepat mengenai titik-titik fosfor masing-masing warna merah hijau ,biru. Magnit furity ini terdiri dari dua cincin magnit permanen yang dapat digeser sendiri-sendiri ataupun bersama sama pada saat di lakukan pengaturan kemurnian warna.


3. Magnit Konvergensi Statis 
Dengan dipasangnya magnit konvergensi ini maka pergeseran warna akibat dari penembakan berkas elektron yang tidak dapt bertemu pada satu titik dapt diatasi dan hasilnya akan menjadi konpergen (menjadi satu ) titik. 

4,.Yoke Konvergensi Dinamis 
Setelah penyetelan konvergensi statis ,ketiga berkas elektron mengenai satu titik pada bagian pusat layar fosfor. Tetapi pada daerah tepi layar ketiga berkas elektron tidak dapat bertemu pada satu titik pada lapisan fosfor karena pada pinggir layar tabung melengkung  dan harus di luruskan agar gambar bisa di lihat. Dengan demikian warna yang terjadi pada gambar terlihat berdampingan di mana hal itu sangat tidak diinginkan. kondisi yang baik mestinya ketiga warna dasar / primer  RGB harus dapat behimpit agar dapat menampilkan satu warna, dalam satu bentuk garis misalnya garis putih (tidak boleh ada warna di sampingnya)
Untuk mengatasi hal tersebut maka di perlukan arus gigi gergaji yang di berikan pada kumparan konveregen dinamis yaitu lewat yoke konvergensi masing-masing. Sehingga ketiga berkas elektron dapat berkonvergensi pada tiap titik pada bidang vertikal dan horizontal.

5. Degaussing Coil
Karena pada tabung gambar warna menggunakan masker yang terbuat dari plat baja,maka sangat mudah di pengaruhi oleh suatu sumber magnit baik dari bumi maupun dari sumber yang lain. Dengan termagnetisasi oleh sumber magnit, maka arah berkas elektron yang menuju kelayar fosfor terpengaruh sehingga menyebabkan tampilan warna pada layar fosfor menjadi tidak murni (terdapat warna liar di disalalah satu sudut layar ). untuk mencegah terjadinya warna liar tersebut  maka semua jenis tabung Gambar Warna di pasang kumparan pada degaussing coil yang secara skematis dan prinsip kerjanya sebagai berikut :

Komponen yang digunakan terdiri dari kumparan dan PTC (positip temperatur  coefesien ) atau therrmistor dengan karakteristik positip. Pada saat sekala SW dihidupkan maka mengalir arus ac melalui PTC dan kumparan ,pada saat sekala SW dihidupkan maka mengalir arus AC melalui PTC hambatanya rendah dan setelah panas akan berubah naik /membesar. Dengan demikian kumparan mendapatkan aliran arus yang mula-mula besar dan lama kelamaan mengecil bahkan bisa di anggap tidak ada. Setelah kumparan di aliri arus ac pada kumparan tibul induksi diri yang pengaruh perubahan hambatan dari PTC yang makin membesar maka kuat medan magnit disekeliling kumparan makin habis. Pengaruh  medan magnit di sekeliling tabung gambar dapat menatik pengaruh kemagnitan liar pada masker tabung gambar sehingga di harapkan kondisi tampil warna pada Tabung Gambar Warna  akan selalu murni.

Ke-5 komponen pendukung bekerjanya sebuah tabung gambar di atas sangat berperan penting dalam pengoprasian tabung CRT. Jadi tanpa ke lima komponen di atas tabung gambar tidak dapat menampilkan gambar. Kerusakan dari salah satu saja, maka tabung tidak dapat bekerja semestinya.
Demikianlah informasi yang dapat saya shere ke kawan semuanya. Thanks!!

0 Response to "5 komponen Pendukung Tabung CRT yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel